HSN 2022 : Ponpes Al Muniroh adakan Kirab Obor Santri



Hari Santri Nasional (HSN) yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober, menjadi momentum yang selalu mendapatkan sambutan meriah. Pasalnya, Hari Santri menjadi fakta sejarah Kemerdekaan Republik Indonesia bahwa Ulama dan Santri Pondok Pesantren telah mengorbankan jiwa raga untuk berjuang merebut dan mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pada Momen HSN kali ini, respon diberikan Santri Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren (YPPP) Al Muniroh Ujungpangkah, Gresik. Rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HSN 2022 disusun dengan rangkaian acara yakni Upacara Hari Santri, Khotmil Qur’an, serta Kirab Obor.

Seluruh unit lembaga pendidikan di bawah naungan YPPP Al Muniroh Ujungpangkah terlibat dalam Kirab Obor tersebut. Mereka diberangkatkan dari halaman Pondok Pesantren Al Muniroh, Sabtu (22/10/2022) malam.

Kirab obor merupakan rangkaian HSN di YPPP Al Muniroh yang di ikuti oleh sekitar 1200 siswa dari tingkat Kelompok Bermain (KB) hingga jenjang SMK, dan didampingi oleh 205 Tenaga pendidik dan semuanya membawa obor dan bersholawat berkeliling sepanjang jalan di Kecamatan Ujungpangkah.

Pengasuh Pondok Pesantren Al Muniroh KH Mahmudi Ambar mengajak para santri, siswa dan tenaga pendidik Al Muniroh agar menjadikan momentum Hari Santri Nasional untuk mengenang, meneladani, serta melanjutkan peran ulama dan santri dalam membela dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


“Para santri maupun anak didik di Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Al Muniroh harus selalu meningkatkan semangat dalam mencari ilmu, utamanya ilmu agama, karena dengan bekal ilmu keagamaan akan kuat dalam menghadapi gempuran ideologi yang menyimpang,” pinta Kiai Mahmudi.

Sementara itu, Panitia penyelenggara dan mewakili pengurus YPPP Al Muniroh, Gus Kays Mukhollad sangat mengapresiasi kerja keras seluruh Tenaga pendidik, Siswa dan Wali santri dalam rangka mensukseskan kegiatan HSN 2022 di YPPP Al Muniroh.

“Saya mengajak kepada santri di Pondok Pesantren Al Muniroh agar bersama-sama (mewujudkan) Berdaya untuk menjaga Martabat kemanusian sesuai dengan Tema HSN 2022 ini” pungkas Gus Kays. Pada penghujung acara, panitia juga membagikan hadiah kepada para peserta Kirab obor. 

(Syafik hoo/Chidir) https://nugresik.or.id/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar